Rabu, 13 Mei 2009

MASALAH, MUSIBAH, HADIAH, DAN BERKAH


“Ketika pikiran tidak lagi sibuk mondar-mandir kedepan dan kebelakang, manusia membiarkan tangan Maha Sempurna bekerja dengan SEMPURNA tanpa gangguan pikiran manusia”

Saat musim tak dapat lagi ditebak, saat manusia sibuk untuk menentukan masa depan, mengejar dan terus mengejar mimpi-mimpi yang terus saja membayangi di setiap keterjagaan. Baru kemarin negara kita mengadakan pesta demokrasi, berbagai masalah muncul, kecurangan, ketidak-terimaan, kegagalan menduduki kursi legislatif, merebakkan penderita strees meningkat dan berujung ke rumah sakit jiwa, kyai, pondok pesantren, terapis menjadi rujukan demi memulihkan kekacauan jiwa. Belum lepas dari ingatan, bencana Situgintung yang menelan banyak korban, banjir yang membuat resah di beberapa kota, pesawat jatuh, kapal tenggelam, seakan-akan semua yang ada dikehidupan ini hanyalah masalah-masalah dan musibah.

Sehingga dalam totalitas, kehidupan ini identik dengan masalah dan musibah. Dalam mata yang hanya melihat masalah dan musibah, datangnya setiap pagi hari saat mata terbuka matahari terbit, maka dalam benak mereka hari ini adalah masalah. Kalau saja bisa, hari baru ini direm agar gunungan masalah dan musibahnya tidak ditambah menumpuk. Sayangnya, tidak ada satupun rem cakram yang benar-benar mampu menghentikan jalannya sang waktu. Ia berjalan dan terus berjalan. Entah masalah dan musibahnya bertambah, entah semakin menumpuk, atau malah menyentuh langit sekalipun, waktu akan terus saja berjalan.

Oleh karena pilihan dalam bentuk mengerem mesin waktu tidak tersedia, maka manusia mesti belajar mencari pilihan lain. Untungnya ada sejumlah sahabat pemikir jernih yang sudah menemukannya. Mereka diantaranya Wayne W. Dyer dan Eckart Tolle. Dyer dalam karyanya There’s Spiritual Solution to Every Problem, membuka karyanya dengan mengutip A Course in Miracle: “You have no problem but you think you have...”! Anda tidak punya masalah tetapi Anda pikir Anda punya. Dengan kata lain, pikiranlah yang menciptakan masalah, mengira masalahdan musibah bertambah dari hari ke hari. Tolle berbeda lagi, dalam karya jernihnya yang diberi judul The Power of Now, ia berkeyakinan bahwa semua hal yang diberi judul masalah dan musibah, terkait erat dengan bagaimana manusia memandang waktu. Mereka yang cemas, khawatir, tidak terlalu yakin berpikir tentang masa depan dan melupakan masa kini. Mereka yang marah, benci dan dengki terpenjara dimasa lalu, hilang dari masa kini yang tinggi nilainya.

Dari dua hal pemikiran jernih mereka dapat digaris bawahi satu hal yang serupa “psychological time. Waktu dalam bentuk clock time memang berjalan kedepan tanpa ada yang bisa mengeremnya. Namun psychological time, ia maju mundur tergantung seberapa kuat pikiran berkuasa dalam kehidupan seseorang. Siapa saja yang menggendong terlalu banyak masalah dan musibah dalam hidupnya, umumnya memiliki pemikiran yang melompat-lompat. Ketika melompat kemasa lalu, temanya bernama penyesalan, kenangan tak terlupakan, marah yang tak termaafkan, dengki yang tidak terobati. Tatkala melompat ke depan, sahabatnya adalah harapan, cita-cita, kekhawatiran, ketakutan, ketidak-yakinan. Ujung-ujungnya hidup dimasa kini jadi lenyap, hilang ditelan bumi dan terhempas ombak dilautan kehidupan.
Padahal, meminjam argumen banyak sekali sahabat di dunia kejernihan, masa lalu sudah mati. Sebab manusia tidak bisa kembali, juga tidak bisa memperbaikinya. Masa depan tidak nyata karena belum datang. Sementara satu-satunya hidup nyata dan riil adalah hari ini. Nyata karena semuanya serba terang benderang. Riil karena ia hidup. Diterangi cahaya pemahaman seperti inilah, maka tidak sedikit pecinta kejernihan yang belajar hidup yang hidup (hidup hari ini).

Hari ini, itulah fokus dan konsentrasi yang layak dipelajari. Sahabat yang lagi duduk menunggu bus kota, duduk dan tunggulah bus dengan penuh kesadaran. Rekan yang sedang menyetir mobil, nikmati dinamika menyetir mobil. Teman yang lagi bekerja nikmati dan tekuni hukum-hukum kerja. Siapa saja yang lagi menggendong bayi, sadari kalau bayi itu tidak saja titipan masa depan, tetapi juga hiburancinta di hari ini. Mereka yang sudah lama tidak menelpon orangtua, telepon atau kirimlah surat keorangtua sekarang. Orang tua memang datang dari masa lalu, namun mereka juga hadir dengan senyuman doa dan kekiniannya. Sahabat yang jarang mencium istri/suaminya, lakukanlah segera. Sebab ia tidak saja belahan jiwa anda, tetpi juga mesin-mesin yang memproduksi kenangan. Teman yang lama absen pergi bersama anak-anak, pergi segera. Sebab anak-anak adalah wakil hari ini yang ceria.

Entah ada sahabat yang pernah mencoba atau tidak, ketika mesin-mesin kesadaran sudah terkonsentrasi di hari ini, betul kata A Course in Miracle: kita tidak punya masalah. Masalah hanya ada pada pikiran, buah dari pikiran yang sibuk mondar-mandir ke depan serta kebelakang. Dan yang paling penting, tatkala pikiran tidak lagi sibuk mondar-mondir ke depan dan ke belakang, manusia membiarkan tangan Maha Sempurna bekerja sempurna tanpa gangguan pikiran manusia.

Ujung-ujungnya masalah dan musibah lenyap, di ganti oleh hadiah dan berkah. Hari ini dalam bahasa inggris disebut present (hadiah). Sifat hadiah manapun sebaiknya layak disyukuri. Ketika manusia terkonsentrasi dengan kegiatan bersyukur, semuanya menjadi berkah. Ada berkah yang terlahir jadi manusia, udara yang melimpah, pemandangan alam yang indah, kesehatan yang sangat bermakna, istri/suami yang istimewa, putra-putri dirumah yang ceria, berkah kerja, berkah bisa membaca tulisan singkat ini dan masih banyak lagi berkah-berkahlainnya. Bukankah semuanya serba melimpah???


Ditulis oleh,
B. Krisbiyanto
Gede Prama “The Inspirator” Jejak Jejak Makna”

Tidak ada komentar:

Siapakah Aku,Anda dan Dia...

Siapakah Aku,Anda dan Dia...
Tataplah Kedalam...Apa yang Anda Lihat di Depan Anda??... Sejauh mana mata memandang pastinya kan berbatas,begitu juga tentang penilaian kita sama seseorang..belum tentu sesuai dengan apa yg terjadi....